Resep Bubur Ayam ala Presto


Bubur Ayam merupakan salah satu menu sarapan di keluarga saya. Awalnya saya suka buat bubur Ayam ini karena penjual bubur ayam di daerah saya itu agak jauh alias ga ada yang dekat apalagi yang lewat. Awalnya ragu sih mau bikin sendiri karena dari resep-resep yang saya browsing rata-rata memerlukan waktu yang lama yaitu 2 jam untuk  membuat si beras ini hancur lebur menjadi bubur, wadoowww…. >,<  


Tapi setelah ingat kalo saya punya si pintar “panci presto” jadi lah saya coba buat bubur ayam ini menggunakan panci presto. Tapi karena pembuatan bubur ini harus di aduk-aduk supaya tidak gosong di bawah dan hal ini tidak memungkin kan di lakukan dalam panci presto, maka dari itu saya bagi menjadi 2 proses nya yaitu dengan panci presto untuk menghancurkan dan melembutkan beras nya, dan menggunakan panci biasa untuk finishing bubur ayam nya. 

Bagaimana cara nya….mari kita mulaiiiiii….

Bahan bubur : 


  • Beras           1 gelas , cuci bersih (bisa untuk 3 porsi)
  • Tulang ayam sesuai selera
  • Air                1 L , perbandingan nya 1:5 aja dengan beras nya
  • Daun salam  2 lembar
  • Garam          1 sdt
  • Santan          65 mL, saya pakai Sun Kara yang kecil 1 bungkus






Bahan pelengkap : 


  • Daging ayam goreng ,suwir / hati ampela goreng yang di potong-potong
  • Cakue, potong tipis
  • Seledri, potong lembut
  • Bawang goreng
  • Merica, Kecap Manis, Kecap Asin
  • Kerupuk 


Cara membuat :


  1. Godok Beras, daun salam dan tulang ayam dengan 1L air dengan menggunakan panci presto selama 25 menit dari mulai tombol panci atas berdesis. Matikan api.
  2. Pindahkan bubur nasi ke panci biasa, masukan garam dan santan , tambahkan air 200mL.
  3. Masak kembali di atas api kecil sambil di aduk-aduk sampai bubur kental nya sesuai selera anda, kira-kira 10 menit bubur sudah matang. Matikan api
  4. Sajikan bubur ayam selagi panas bersama dengan bumbu pelengkapnya untuk 4 porsi.


Selamat menikmati ….


.....bee anni.....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar