Resep Lontong Kari Sapi


Lontong Kari….Kari Sapi atau Kari Ayam…yuuupppp…itu makanan kesukaan saya…biasa nya saya suka beli aja kalo lagi pengen…tapi lama-lama saya coba-coba bikin sendiri mulai dari Lontong nya saya browsing-browsing…trus kari nya juga saya nengok beberapa artikel di website lain. Setelah beberapa resep saya coba…saya kurangi ini kurangi itu…tambahin ini tambahin itu jadilah Resep yang paling pas dan cocok dengan lidah saya terutama suami dan anak saya…hhmmm…..it’s my version…it’s my think…okaayyy…


Karena panci presto proses membuat  Lontong Kari ini saya jadi sangat terbantu…membuat ga ribeut pas saya masak, ga ngabisin waktu saya juga dan yang pasti menghemat gas LPG juga  dong. Oh iya just info yaa…kalo di Tasikmalaya (tempat sekarang saya tinggal) Lontong Kari ini disebut Lengko…sama seperti di Bandung bisa Lengko Sapi atau Lengko Ayam. Saya kurang tau kalo di kota lain nama nya apa… ;-)

Baiklah mari kita mulai aja…apa Resep nya …gimana buat nya…yang pasti ada 3 proses yang harus di buat yaitu:

1.Cara membuat Lontong
2.Resep Kari Sapi
3.Sambal kencur

1.       Resep dan Cara Membuat Lontong

Tips : Biasanya saya membuat Lontong ini semalam sebelum akan di hidangkan supaya  hasilnya lebih padet dan lebih enak.

Dulu saya pikir membuat Lontong itu pasti ribeut, juga karena  kalo pakai panci biasa proses masak nya sangat lama bisa 6 jam tapi karena ada si pintar “Presto” membuat  waktu memasak menjadi simple…cukup 45 menit saja…lontong yang padet dan tahan lama sudah bisa di dapat. Dari beberapa blog yang saya baca  ada 2 pilihan cara membuat Lontong ini dan saya keduanya udah pernah mencoba  yaitu dengan cara pakai daun pisang dan pelastik tahan panas. Dengan memakai daun pisang pun saya biasa pakai cetakan Lontong yang biasa disebut Kepompong karena saya cuma punya  cetakan ini 5 buah jadi sisa daun pisangnya biasanya saya cetak dengan cara digulung dulu pakai paralon yang diameter nya 3cm. Hasilnya? Kalo pakai kepompong yang diameter nya 5cm pasti bentuk lontong nya pun lebih besar dibanding dengan cetakan pake gulungan paralon. Tapi bedanya kalo pake gulungan paralon kita bisa dapat lontong yang lebih panjang, kenapa? Karena kalo cetakan kepompong kan ada tutupnya dikedua ujung nya jadi kalo kebetulan daun pisang nya dapet yang lebar mau ga mau daun pisang nya harus di potong kan supaya cetakan bisa di tutup pada saat direbus.

Berikut cara membuat Lontong :

·         Lontong Kepompong

Cetakan lontong (kepompong) ini terbuat dari alumunium, saya liat di internet dulu bentuknya seperti apa…agak susah juga saya cari nya  waktu saya mau beli, di pasar tradisional malah ga ada… tapi akhirnya dapet juga di supermarket Samudra . Waktu itu ada 2 ukuran dengan diameter yang sama , yaitu 20cm x 5cm dan yang 30cmx5cm, saya beli yang pendek aja yang 20cmx5cm karena saya pikir kalo yang panjang takut ga cukup di dalam  panci prestonya kebetulan panci presto saya ukuran 6L. Karena cuma ada 5 buah jadi saya beli aja semua harga nya Rp 6900,- /buah.

Bahan yang di perlukan adalah :

  • Beras              250gr
  • Garam             1 sdm
  • Daun pisang secukupnya
  • Lidi untuk menyemat
  • Cetakan lontong Kepompong

Cara membuat:






  1. Cuci beras sampe bersih setelah ditiriskan beri garam dan aduk rata, sisihkan.
  2. Ambil 1 lembar daun pisang yang sudah di potong dengan lebar minimal 25cm, sambil di gulung masukan ke dalam kepompong dan semat salah satu ujung nya dan tutup bagian yang sudah disemat lidi itu. 
  3. Isi daun pisang yang ada dalam kepompong 1/3 bagian saja jangan lebih.
  4. Semat kembali bagian yang di isi beras tadi kemudian tutup.
  5. Lakukan sampai beras habis, kemudian tata di dalam panci presto dengan posisi tidur alias jangan berdiri yaa
  6. Masukan air yang sudah di didihkan  ke dalam panci presto sampai batas maksimal air dalam panci atau minimal sudah merendam kepompong yang kita tata radi.
  7. Rebus dengan api besar sampai ada suara desis dari tombol atas presto kemudian setelah mendesis kecilkan api menjadi sedang dan saat itu hitung waktu sampai 45 menit.
  8.  Matikan api, tunggu 5 menit sambil keluarkan uap dengan cara miringkan tombol atas presto.
  9. Angkat , keluarkan lontong dalam kepompong  tiriskan dalam wadah carang dengan posisi berdiri, tunggu sampai dingin / hangat.      
Lontong Paralon

Paralon / pipa air ini saya punya yang sisa waktu pasang toren…jadi bersih karena dari paralon baru. Dan memang sebaiknya yang bersih. Ukuran diameter nya saya pakai  yang 3cm ,panjang nya sih 40cm tapi kalo panjang kan ga berpengaruh ya…karena lontong paralon ini panjang nya sudah pasti mengikuti lebar daun pisan…kalau daun pisang lebarnya kecil ya lontong nya jadi pendek kalo daun pisang nya lebar nya besar ya lontong nya jadi panjang.
Bahan yang diperlukan sama saja seperti bahan untuk Lontong Kepompong diatas  yaitu:

  • Beras              250gr
  • Garam             1 sdm
  • Daun pisang secukupnya
  • Lidi untuk menyemat
  • Cetakan paralon


Cara membuat:









  1. Cuci beras sampe bersih setelah ditiriskan beri garam dan aduk rata, sisihkan.
  2. Ambil 1 lembar daun pisang yang sudah di potong dengan lebar minimal 25cm,  gulung paralon oleh daun pisang tersebut dan semat salah satu ujung nya. Tarik/keluarkan  paralon.
  3. Isi daun pisang  tersebut  1/3 bagian saja jangan lebih. Semat kembali bagian yang di isi beras tadi.
  4. Lakukan sampai beras habis, kemudian tata di dalam panci presto dengan posisi tidur alias jangan berdiri yaa
  5. Masukan air yang sudah di didihkan ke dalam panci presto sampai batas maksimal air dalam panci atau minimal sudah merendam semua gulungan lontong  yang kita tata radi.
  6. Rebus dengan api besar sampai ada suara desis dari tombol atas presto kemudian setelah mendesis kecilkan api menjadi api sedang dan saat itu hitung waktu sampai 45 menit. Matikan api, tunggu 5 menit sambil keluarkan uap dengan cara miringkan tombol atas presto.
  7. Angkat , lalu  tiriskan dalam wadah carang dengan posisi berdiri, tunggu sampai dingin / hangat.
·         Lontong Pelastik

Membuat Lontong Pelastik ini saya menggunakan pelastik anti panas ukuran  15x30 kemudian saya gunting menjadi 2 bagian yang sama besar. Jangan lupa siapkan api dari lilin untuk merekatkan  ujung atas dan bawah nya. Setelah itu tusuk-tusuk pelastik tersebut dengan menggunakan tusuk gigi, jangan terlalu banyak lubang karena kalau banyak lubang hasil lontong nya akan lembek, cukup 10 tusuk  di tiap bagian atas dan bawah asal tusukan nya menyebar okeeeyyy….hehehe.

 Bahan yang di perlukan untuk membuat Lontong Pelastik ini adalah :

  • Beras     250 gr
  • Garam   1 sdm
  • Pelastik anti panas 15x30 , 2 lembar-> @potong bagi 2 = di dapat 4 lembar pelastik
  • Tusuk gigi untuk melubangi pelastik
  • Api lilin untuk merekatkan pelastik

Cara membuat :

  1. Cuci beras sampe bersih setelah ditiriskan beri garam dan aduk rata, sisihkan.
  2. Isi pelastik dengan  beras tersebut ,bagikan beras menjadi  4 bagian yang sama rata, maka akan terisi  ½  bagian tiap pelastik.
  3. Rekatkan pelastik yang sudah di isi beras dengan api lilin, kemudian tata di dalam panci presto dengan posisi tidur.
  4. Masukan air yang sudang mendidih ke dalam panci presto sampai batas maksimal air dalam panci atau minimal sudah merendam semua pelastik  lontong  yang kita tata radi.
  5. Rebus dengan api besar sampei  ada suara desis dari tombol atas presto kemudian setelah mendesis kecilkan api menjadi sedang dan saat itu hitung waktu sampai 45 menit. Matikan api, tunggu 5 menit sambil keluarkan uap dengan cara miringkan tombol atas presto.
  6. Angkat , lalu  tiriskan dalam wadah carang dengan posisi tidur , tunggu sampai dingin / hangat.


Kesimpulan:

Jujur saja saya lebih suka lontong yang dibungkus dengan daun pisang karena lebih enak dari segi rasa. Kalau lontong dari pelastik memang permukaan akan lebih terlihat putih dan bersih tapi nggak tau kenapa rasa nya berbeda kalau dengan yang dibungkus daun pisang selain itu lontong pelastik lebih biasa aja, ga ada wangi nya seperti wangi dari lontong daun pisang. Tapi saya kembalikan kepada anda yang mau buat,kadang sulit mendapatkan daun pisang di daerah perkotaan terutama jadi lontong pelastik bisa menjadi solusi.

2. Resep Kari Sapi

Saya lebih sering bikin Kari Ayam daripada Kari Sapi, meskipun saya juga pernah beberapa kali bikin Kari Sapi , tapi sekarang saya akan memposting Resep Kari Sapi aja yaa…karena kesukaan saya memang Kari Sapi, mungkin lain kali yang Kari Ayam nya akan menyusul…hehehe… lets cekidot….

Bahan :

  • Daging sapi       500gr, rebus sampai empuk kemudian potong-potong
  • Santan encer    1L, saya ambil dari 1/4kg kelapa parut
  • Santan kental   100mL, saya pakai Sun Kara aja yang kecil 1
  • Minyak goreng  5sdm , untuk menumis
  • Kayu manis       4cm
  • Cengkeh           3 butir
  • Serai                 1 batang, ikat dan keprek
  • Lengkuas          1 sdm
  • Garam,gula pasir,penyedap rasa secukupnya

Haluskan bumbu :

  • Cabai merah     3 buah
  • Bawang merah 10 butir
  • Bawang putih    5 butir
  • Kunyit                2 cm
  • Pala                   1 sdt
  • Ketumbar           2 sdt
  • Kemiri                5 butir
  • Jinten                ½ sdt


Cara membuat :


  1. Tumis semua bahan dan bumbu halus kecuali Daging sapi dan Santan
  2. Setelah harum masukan daging sapi yang sudah bersih , aduk-aduk
  3. Masukan santan encer, aduk-aduk dan masak sampai daging sapi empuk.
  4. Masukan santan kental, aduk sampai mendidih. Matikan api
  5. Ambil daging sapi, sisihkan di dalam wadah/piring.
  6. Saring kuah Kari yang sudah matang tadi sampai kering ampas nya.
  7. Buang ampas nya
  8. Masukan kembali daging sapi ke dalam kuah Kari yang sudah disaring.
  9. Sajikan bersama Lontong yang sudah di potong-potong.

3.Resep Sambal Kencur

Seduh , kemudian haluskan :

  • Cabai rawit/ cengek domba   20 butir
  • Kencur   4cm

Cara membuat :

  1. Tambahkan 50mL air panas ke dalam bahan halus tersebut.
  2. Nikmati Lontong Kari dengan Sambal Kencur ini + Kecap Manis + Bawang goreng + Kerupuk.



Selamat menikmati Lontong Kari Sapi yang anda buat….



.....bee anni.....


              




Tidak ada komentar:

Posting Komentar