Cara Menjernihkan Air Sanyo yang Kuning


Mengingat karena sudah 3 kali pindah kota yang dikarenakan relokasi pekerjaan suami,  tentunya  memberikan pengalaman tersendiri untuk saya sebagai ibu rumahtangga. Salah satu nya adalah pengalaman dengan masalah mengenai Air di perumahan tempat kami tinggal.


Yang terakhir ini saya tinggal di kota Tasikmalaya dimana kami sekeluarga tinggal  di sebuah perumahan yang sebenarnya perumahan ini sangat bagus, lokasi di pusat kota namun karena perumahan ini dibangun diatas lahan bekas persawahan maka mengakibatkan kondisi air nya yang sangat buruk alias tidak jernih bahkan cenderung sangat kuning padalah di rumah saya sudah pakai tabung filter ,2 buah malah.  Lengkapnya di rumah pakai air sumur yang disedot oleh sanyo yang ditampung dalam toren 1100 Liter dengan di lengkapi 2 buah tabung filter.

Kondisi air yang kuning ini tentu saja sangat mengganggu segala aktifitas rumahtangga kami. Terutama saat dipakai  mencuci pakaian  air ini merusak warna baju putih….>,<…keadaan ini membuat saya stress loh…kalo untuk minum dan masak kami sudah biasa selalu pakai air mineral galon tapi untuk mencuci baju, mencuci piring, mencuci sayuran dan untuk mandi…waduuuhhh stress banget deh pokonya  kalo inget masa-masa itu.

Hingga akhirnya saya browsing sana sini…banyak saran dari beberapa blog dan saya menemukan kombinasi  cara yang membuat saya tenang dan senang karena hasilnya bagus maksudnya air nya jernih dan tidak berbau. Untuk penjernih air ini saya pakai larutan Tawas dan larutan Kaporit.

Tawas berfungsi untuk memisahkan dan mengendapkan kotoran dalam air. Lama pengendapan minimal selama 12 jam. Jadi harus di ingat bahwa fungsi tawas hanya mengendapkan kotoran saja. Sementara Kaporit berfungsi membunuh kuman , bakteri, dan virus dalam air. Selain itu kaporit juga bisa menaikan PH air dan kaporit tidak bisa mengendapkan kotoran. Jadi Tawas dan Kaporit ini bekerja dengan saling bersinergi untuk menjernihkan air.

Setelah menggunakan cara menjernihkan air ini alhamdulillah saya puas dengan hasil air yang di dapat karena air nya jadi sangat jernih dan yang pasti saya jadi ngga stress lagi karena si air kuning. 

Cara nya adalah :

  1. Tawas 3 sendok makan di larutkan dengan air sebotol 1500mL
  2. Kaporit 1 sendok makan di larutkan dengan air sebotol 600mL
  3. Tampung air dalam toren 1200L sampai penuh, setelah penuh matikan sanyo nya ya
  4. Setelah penuh air toren masukan larutan Tawas dan Kaporit nya.
  5. Diamkan selama 12 jam minimal nya 10 jam.


Tips :

  1. Sebaiknya saat air sudah di pakai perhatikan debit air minimal tinggal sisa 30% lagi maka segeralah tampung sisa air itu dalam bak atau ember dan jolang untuk bisa  kita pergunakan selama kita menunggu larutan Tawas dan Kaporit selanjutnya untuk bekerja dalam toren.
  2. Biasa nya saya memproses air toren diberi larutan ini setiap di sore hari tujuan nya supaya larutan bekerja di malam hari selama kita tertidur sehingga besok pagi nya air jernih sudah di dapatkan dan bisa digunakan mengingat kalo di siang hari kan kita suka banyak aktifitas yang memerlukan air misalnya untuk mandi, masak,cuci baju dan cuci piring bahkan menyiram tanaman.
  3. Jangan lupa untuk memberitahu seisi rumah untuk tidak menyalakan keran air selama proses penjernihan air ini yaa…supaya proses nya lancar.


Sekian postingan saya kali ini semoga berguna dan bermanfaat bagi para pembaca.



.....bee anni.....

5 komentar:

  1. postingan yang berguna, pernah dengar lebih aman penjernih air pakai sitrun (asam sitrat utk buat kue), hanya harga lebih mahal, tapi pasti aman untuk dikonsumsi

    BalasHapus
  2. Manteb.. saya juga lagi cari2 info buat ngebeningin air.. rupanya begini caranya..
    Maksih ibu ani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trus saya mau tanya kan dari penampungan air itu ada sisa2 dari tawas.. kita kuras dulu bak penampungan nya apa kita tambahin aja airnya..

      Hapus
  3. Cape lah klo tiap sore hrus ngsih twas n kaporit,,

    BalasHapus