[Review] Perawatan Kulit di Erha Clinic Tasikmalaya


Sebenarnya dulu (2009) saya udah pernah perawatan kulit di erha clinik Bandung yang di Jl.Cimanuk. Sama seperti sekarang waktu itu pun keluhan saya adalah karena jerawat, bekas jerawat dan flek (hiks…) Dulu saya konsultasi nya ke dr.Dian ,SpKK. Hasilnya ? jujur …saya sangat puas, jerawat sembuh dan bekas nya pun hilang, flek hitam nya juga hilang meskipun perlu waktu agak lama kalo untuk flek hitam mah. Kulit wajah saya menjadi sehat, bersih, cerah, dan kenyal. Jerawat juga udah ga pernah muncul kecuali pada saat mau datang bulan dan itu pun hanya satu dua tanpa ada peradangan.  Berarti kesimpulan saya adalah saya cocok perawatan di erha clinik. Sampe sekitar di ahir tahun 2011 saya harus pindah ke kota Tasikmalaya karena mengikuti suami yang pindah tugas kerja nya.


Dan…oow…ternyata di Tasikmalaya waktu itu belum ada erha clinik (seperti sekarang), jadilah saya berhenti untuk perawatan di erha clinik cimanuk Bandung setelah 2 tahun lebih saya perawatan disana.

Awalnya karena wajah saya yang udah mulus dan juga udah sehat jadi saya pikir ga apa-apa mungkin kalau saya maintenance ke klinik perawatan lain. Karena di Tasikmalaya ada Natasha klinik, jadi ya sudah saya mulai pindah perawatan ke Natasha. Hasilnya? Awalnya krim-krim nya cocok dan wajah saya juga tetap mulus dan bersih, namun setelah hampir 1 tahun saya perawatan di Natasha kok kulit wajah saya malah jadi kusam dan jerawat juga kadang-kadang masih muncul. Akhirnya saya memutuskan untuk berhenti memakai  krim-krim Natasha, kecuali facial.

Setelah berhenti perawatan di Natasha tahun 2012 saya mulai pake krim-krim dari temen…lalu beralih ke kosmetik wardah…dan terahir saya pake hadalabo anti aging series (yang merah), saat itu jerawat udah anteng aja satu…satu…mulai berdatangan entah mulai nya kapan, karena dari saat perawatan di Natasha pun udah sering muncul. Sampe di akhir 2013 kulit muka saya mengalami yang namanya hancur karena  banyak jerawat muncul, sampe nangis saya waktu itu…tidaaakkk.

Di awal tahun 2014 saya browsing dan googling blog sana blog sini…web sana web sini, akhirnya saya coba mengobati sendiri dengan therapy obat minum Clyndamicyn 300 2x1 selama 1 bulan, dan muka di olesi Vitacid 0,05%. Jerawat nya lumayan berkurang sih, dan setelah 1 bulan saya minum Clindamycin 300 saya beralih minum Propolis sampai mau habis 2 botol dan topical nya saya tetap pake Vitacid 0,05%. Saat itu kulit saya mengalami purging, mungkin efek dari propolisnya, tapi sebenernya bukan karena efek propilis nya yang bikin saya teriak tapi karena si jerawat ini terus-terusan muncul disaat yang satu hilang, eh tiba-tiba muncul di tempat lain, gimana ga stress coba???
Akhirnya karena sekarang di Tasikmalaya ini sudah di buka cabang erha clinik, maka saya pun memutuskan untuk memulai perawatan lagi di erha clinik. Harapan saya semoga ini berhasil …wajah saya kembali seperti dulu…amiiinnn.



Selasa, 26 Maret 2014

Jam 09.30 saya udah ada di erha clinik Tasikmalaya di Jl.HZ.Mustofa. Klinik erha nya jauh lebih kecil di banding dengan yang di cimanuk Bandung, hehehe… Saya pun mulai mendaftar di tempat registrasi, si mbak nya cukup ramah, dan meskipun saya pernah berobat di erha clinik Bandung dan karena itu juga udah lama banget  juga sistem mereka belum online maka saya memutuskan untuk daftar awal lagi aja, alias ga pake kartu member erha Bandung. Karena masih pagi dan kosong saya dapet no.antrian 1. Di erha clinik Tasikmalaya dokter konsultasi nya ada 2 orang dan mereka praktek secara bergantian  jadi saya ga bisa memilih mau ke dokter yang mana. Lagi pula hal itu ga jadi masalah untuk saya.  Yang praktek di hari itu adalah dr.Lenni Martina. Setelah saya dapat no.antri si mbak nya mempersilahkan untuk menunggu di Lt.2 tempat konsultasi. Di Lantai 2 ini saya lihat ada 4 ruangan yaitu ruang facial, ruang konsultasi, dan 2 ruang treatment. Tidak lama naiklah seorang suster yang cukup ramah juga bersama seorang dokter .

Tidak lama saya menunggu perawat pun memanggil saya, di mulai lah sesi konsultasi saya dengan dr.Lenni Martina, jujur dr.Lenni sangat ramah dan type dokter yang mau mendengar keluhan pasien, setelah panjang lebar saya konsultasi dan menceritakan history perawatan saya seperti di atas dari mulai berhenti perawatan di erha clinik bandung sampe saya yang sedang meminum propolis. Dr.Lenni mendiagnosa pada wajah saya yaitu jerawat,bekas jerawat, dan melasma (flek) yang jelas banget udah terlihat di antara atas bibir dan hidung bawah…uuugghhh. Tapi dr.Lenni akan mengobati dulu jerawat nya setelah itu baru yang lainnya. Mulai lah beliau meresepkan krim-krim yang khusus fokus untuk mengobati jerawat saya.  Oh iya keadaan wajah saya saat itu pun tidak lupa di photo . Lalu beliau menyarankan saya untuk melakukan acne peeling  hari itu juga dan saya pun tidak masalah.

Acne peeling ini dilakukan di ruang treatment. Proses nya adalah pertama-tama wajah saya di cuci kata mbak nya pake sabun erha 2 kemudian oleh dr.Lenni di oleskan lotion/cairan BHA, setelah itu di biarkan selama 30 menit dan wajah di cuci kembali. Cairan BHA ini fungsinya mengeringkan jerawat dan mengempeskan jerawat. Pada saat dioles BHA lotion rasanya wajah itu perih, panas dan gatal…pokonya ga nyaman dan jauh dari perasaan rilexs…hehehe….Setelah 30 menit, wajah saya dibersihkan lagi dan rasanya lebih perih lagi malah saya sampai nangis loh karena ga kuat sama perih nya.Kemudian sama wajah saya di beri krim ASG sebagai tabir matahari. Ini adalah awal perjuangan saya dalam membasmi si jerawat sodara-sodara…hahaha

Setelah selesai melakukan treatmen Acne Pelling, saya kembali menunggu untuk melanjutkan konsultasi. Tidak lama saya pun dipanggil lagi ke ruang konsultasi. Dr.Lenni menjelaskan fungsi acne peeling tadi kemudian menjelaskan krim-krim yang akan mulai mengobati jerawat saya. Dan hari itu dr.Lenni meresepkan :  erha 2 untuk sabun wajah, AMG2 (Acne Moisturizer Gel) dan AF1 (Acne Foundation) untuk krim pagi siang, kemudian AG2 (Acne Gel) dan AL1  untuk malam hari. Karena saya baru melakukan acne peeling maka AL1 nya di pakai setelah 3 hari kemudian yaitu di hari sabtu. Obat minum nya saya diresepkan Doxyplus 15 capsule 1x1 dan Tamcocin 30 capsule 2x1 . Doxyplus ini isinya Doxicycline dan Zinc sedangkan Tamcocin isinya antibiotik Lincomicyn.
AMG2, AF1, AG2, Doxy Plus, Tamcocyn


Setelah selesai konsultasi, saya dipersilahkan menunggu obat dan melakukan pembayaran di bawah (Lantai 1). Kira-kira 10 menit kemudian saya di panggil untuk melakukan pembayaran dan total biaya yang saya keluarkan di perawatan ke 1 adalah :


  • Adm                         15.000
  • Konsultasi dokter       50.000
  • Acne peeling            275.000
  • AG2                          51.000
  • Doxy Plus 15x3.750= 54.250
  • AF1                          51.000
  • AMG2                       51.000
  • Tamcocin 3-x4.200= 104.000
  • RH2                          64.000
  • AL1                           66.000

Total Rp 865.250,-

Setelah melakukan pembayaran , saya duduk kembali untuk menunggu obat nya. Tidak lama saya menunggu saya pun dipanggil kembali untuk mengambil obat yang sudah saya bayar. Sesampainya di rumah saya langsung minum obat Doxy Plus dan Tamcocin @1 capsule.
Sekalian mau sholat dzuhur wajah saya dicuci kembali pake RH2 sebelum berwudhu. Rasa nya wajah saya perih banget waktu kena air, waktu itu kira-kira setelah 2 jam melakukan treatment acne peeling. Setelah sholat baru wajah saya olesi dengan AMG2 dan AF1. Karena AMG itu tekstur nya gel jadi pas dipakai kulit rasanya lengket. Kalo AF itu tekstur nya sedikit moist tapi bau nya agak-agak menyengat tapi masih bau obat lah.
Pas malem nya, saya merasa jerawat-jerawat saya mengering dan wajah masih terasa ketarik gitu sih. Tapi saya liat sudah tidak meradang. Kesimpulan nya saya sih sepertinya ini efek dari acne peeling itu ya. Sebelum tidur baru wajah saya olesi AG2.
Semoga hasil nya cepat terlihat dan wajah saya kembali mulus seperti dulu. Oh iya konsultasi saya selanjut nya adalah tanggal 10 April 2014. Nanti review nya saya akan posting lagi dan perkembangan nya seperti apa kita lihat yaaa…

 
 setelah treatment Acne Peeling 
Sabtu, 29 Maret 2014 ... 3 hari setelah Acne Peeling

Hari ini untuk malam hari saya udah mulai pakai AL1 (Acne Lotion) setelah AG, jadi mulai malam ini saya pakai 2 macam krim ya. Tapi sekarang saya mau review kulit wajah saya setelah 3 hari melakukan acne peeling. Selama 3 hari ini saya perhatikan jerawat saya mengering...total. Tapi kulit yang tidak berjerawat pun jadinya ikut kering. Dan rasa nya wajah itu seperti ke tarik banget, kenceng pula. Kesimpulan saya acne peeling ini efektif untuk mengobati jerawat karena efek nya yang sekaligus kering terasa nyata. Oh iya wajah saya juga merah...bukan merah merona tapi merah seperti kepanasan meskipun saya ga merasa panas.

3 hari setelah treatment Acne Peeling



Kamis, 10 April 2014... 

Hari ini adalah hari kontrol perawatan kulit saya ke erha clinik Tasikmalaya. Dan kondisi wajah saya lagi muncul jerawat akibat hormon alias karena saya lagi menstruasi  di hari ke 4. Saya dateng ke erha clinik Tasik jam 10.00 pagi dan dapet no.antrian ke 4. Pas nunggu di lantai 2 ternyata di dalam ruang konsultasi lagi no.3. Alhamdulillah saya ngga usah lama nunggu. 20 menit kemudian nama saya di panggil ke ruang konsultasi dr.Leni. 

Keluhan saya hari ini adalah jerawat hormon (siapa juga yang bisa mengalahkan jerawat hormon), bekas jerawat dan kusam. Dr.Leni bilang pasti akan merasa kusam karena memang baru jerawat nya saja yang di obati…hehehe…tapi berhubung hari itu saya masih berjerawat satu dua sih karena dari menstruasi jadi yaa jerawatnya tetap harus di obati lagi. Tapi kali ini dr.Leni ngga kasih saya obat oral lagi. Dan pada resep kali ini saya udah di tambahkan CC5 untuk tambahan krim di malam hari. CC5 ini baru bisa dipakai setelah jerawat hormon saya sembuh alias kering alias hilang.
Okelah berarti di 2 minggu ini semua krim-krim wajah saya untuk pagi dan malam masih tetap tapi kalau jerawat nya sembuh AL1 nya di ganti CC5. Berikut lengkapnya :
AL1, CC5, erha2


Pagi :

  • RH2 untuk facial wash
  • AMG2 untuk moisturizer 
  • AF1 untuk tabir matahari 


Malam:


  • RH2 untuk facial wash
  • AG2 untuk jerawat
  • AL1 untuk totol jerawat
  • CC5 ( Corrective Cream 5) untuk krim malam setelah AL1 berhenti apabila jerawat sudah mengering

Di karenakan krim-krim saya masih setengah lagi smuanya jadinya resep yang saya beli  adalah :


  • Erha 2              Rp 64.000
  • CC 5                Rp 61.000
  • Fee konsultasi   Rp 50.000

Total nya Rp 175.000,- …bahagianyaaaa…murah soalnya...hehehe

Dan saya harus kontrol lagi setelah 2 minggu .


Senin, 14 April 2014....5 hari setelah kontrol pertama




Sudah 5 hari setelah saya kontrol yang pertama, keadaan nya sekarang? Jerawat masih ada di pipi dan di dagu di bawah bibir. Jadi saya belum pake si CC5 nya, padahal saya udah ga tahan dengan kusam nya wajah saya…tanpa pakai bedak pula…huaahhh…ga tau kenapa ko dulu waktu awal saya konsultasi di erha clinik cimanuk Bandung keadaan jerawat saya padahal lebih parah tapi sekali dateng jerawat nya udah sembuh. Ngga tau kenapa yaa…apa dulu dosis krim yang di resepkan dr.Dian itu pas atau gimana…entahlah…yang pasti sekarang saya masih menunggu hasilnya sampai 2 minggu pas kontrol nanti.

Minggu, 20 April 2014....11 hari setelah kontrol yang pertama

Tadi malam adalah yang pertama kalinya saya pake CC5 setelah AG di apply..jadi belum terlalu terlihat reaksi dan hasilnya di wajah saya. Sebenarnya saya kesal sama jerawat yang belum berhenti muncul ini di pipi terutama ga tau kenapa saya merasa treatment nya dari dr.Leni ini agak lambat dibanding waktu saya konsultasi ke dr.Dian di erha clinik Cimanuk Bandung padahal dulu kondisi jerawat saya lebih parah. aaarrrgghhhh.....

Nggak tau kenapa mungkin dari padu padan resep nya...dulu 2 minggu jerawat saya langsung bersih padahal tidak di treatment chemical peeling dan yang sekarang ini udah mau sebulan tapi tetep aja muncul jerawat baru. Kesel kan yang satu hilang yang lain tumbuh di tempat berbeda. Nggak tau harus memutuskan apa...yang pasti saya GALAU (gelisah antara lanjut atau udahan) sekarang untuk treatment ke erha Tasikmalaya. Hiks...



CC5 ini saya cuma pakai sekali aja karena jerawat saya besok nya muncul lagi-muncul lagi jadi saya berhentikan dulu CC5 nya. Jerawat-jerawat ini adalah jerawat aktif yang besar2, merah dan sakit. Munculnya pun di tempat-tempat yang baru seperti pipi kiri, pelipis dan jidat..huaaahhhh…kesel dan bikin pengen nangis lah pokonya.Tapi saya tetep pake AMG2, AF1,erha 2, AG2 juga AL1 nya.


Kamis, 24 April 2014…

 
Pagi ini jam 9.00 saya udah ada di erha clinik Tasikmalaya untuk melakukan kontrol ke 2. Mungkin kontrol kali ini adalah yang paling saya tunggu-tunggu mengingat muncul nya jerawat-jerawat baru di wajah ku setelah kontrol yang pertama kemaren. Saya dapat no.antrian ke 4 jadi saya masih harus menunggu 2 pasien lagi.


Setelah tiba giliran saya untuk konsultasi ke dr.Leni saya malah bingung mau cerita dari mana dulu karena dr.Leni hanya bertanya “gimana sekarang jerawat nya?”. Akhirnya saya malah balik nanya : “Dok, kenapa justru sekarang di wajah saya malah muncul jerawat-jerawat aktif yang munculnya di tempat berbeda dengan yang pertama  kali saya konsultasi.


Saya malah berpikir jangan-jangan krim nya malah memicu jerawat baru dan jerawat saya yang pertama itu sembuhnya oleh treatment Chemical BHA Peeling, karena:
  1. waktu saya kontrol yang ke 1 (10 April 2014) wajah saya udah membaik dan jerawat nya kering, makanya saya di kasih CC5 untuk krim malam nya.
  2. Krim pagi dan malam saya tetap alias tidak di ganti masih AMG2, AF1, AG2, AL1 dan erha2.
Dr.Leni jawab kalau krim nya sebenarnya udah pas tapi mungkin kesalahan nya dia juga karena dia berhentiin obat minum nya yaitu si Tamcocin dan Doxy Plus. Jadi sekarang saya akan diresepkan obat antibiotik lagi tapi yang power full lah istilah nya dan krim-krim nya ada yang di ganti dan ada yang dinaikan dosis nya. Dr.Leni sebenarnya menyarankan saya untuk melakukan Chemical BHA Peeling lagi tapi saya tolak dulu karena saya ingin tau krim-krim yang sekarang efektif ngga untuk mengobati jerawat saya yang sekarang ini.

Masalah nya kalo BHA Peeling ini sudah pasti akan bisa langsung mengeringkan jerawat nya tapi saya khawatir justru setelah itu saya kan pake krim-krim nya lagi trus muncul lagi jerawat nya, kan cape kalo begitu terus-terusan seperti ayam sama telor.  Oh iya ngga lupa saya juga menyampaikan bahwa krim malam CC5 saya masih utuh… >,<…

Konsultasi saya hari ini sangat lama, saya banyak nanya apakah wajah saya ada indikasi over dosis steroid (seperti yang saya baca di blognya Madya :-) ... ) terus saya juga nanya apakah krim-krim yang dr.Leni resepkan bisa memicu terjadi break through ngga sama apa yaa…lupaaa,karena banyak nanya nya…hehehe…dan dr.Leni ini dengan sabar menjawab sih pertanyaan saya hanya saja kurang solutif menurut saya…


Dan, hari ini saya di resepkan :

  • Pagi               : erha2 (facial wash), AMG2 dan AF3
  • Malam           : erha2 (facial wash), AFT dan AL1(totol jerawat)
  • Obat minum  : antibiotik Meiact 2x1 untuk 14 hari 
Baiklah, kita lihat yaa setelah krim-krim saya ini di rombak terutama setelah saya minum antibiotik Meiact ini apakah keadaan wajah saya akan membaik ??? apalagi mengingat si Meiact ini harga per tablet nya sangat expensive… o owwww… kebangetan ya kalau ga sembuh si  jerewi-jerewi ini…hohohoooo

Meiact 200mg


Seperti biasa setelah selesai konsultasi saya kembali ke lt.1 untuk menebus resep dan melakukan pembayaran, dan uang yang saya keluarkan pada konsultasi hari ini adalah :

  • Fee Konsultasi  Rp  50.000,-
  • Meiact 2x1 utk 14 hari , 28 tablet x Rp 24.000 = Rp 672.000,-
  • AMG2     Rp  51.000,-
  • AF3         Rp  51.000,-
  • AFT         Rp  53.000,-
  • Erha2 dan AL1 (masih ada)
Total yang harus saya bayar adalah : Rp 877.000,-
 
Setelah selesai membayar dan pada saat saya menerima obat dan krim nya saya juga dikantongi surat pengantar untuk melakukan Chemical Peeling  BHA 30% untuk tanggal 8 Mei 2014 dan di ingatkan untuk melakukan kontrol 2 minggu kemudian, setelah saya sadar ternyata 2 minggu nya saya harus kontrol adalah tanggal 8 Mei 2014 itu. Ups ! ya sudah lah…kita lihat nanti kalau dr.Leni keukeuh mengharuskan saya melakukan Chemical Peeling lagi mah saya akan tanyakan pada saat kontrol nanti.


Oh iya waktu saya nunggu obat, saya browsing si antibiotik Meiact ini….ternyata Meiact adalah antibiotik golongan Chepalosporin generasi terbaru buatan Meiji dengan: 

  • Komposisi : Cefdirotin pivoxil 200mg
  • Indikasi  : Pneumonia yang di dapat dari lingkungan, Eksaserbasi akut dari Bronchitis kronis, Faringotosilitis,Sinusitis akut, Infeksi kulit dan struktur kulit tak terkomplikasi
  • Dosis :
Pneumonia , 400mg  2 x sehari selama 14 hari
Eksaserbasi akut , 400mg 2 x sehari selama 10 hari
Faringotosilitis, 2oomg 2 x sehari selama 10 hari
Sinusitis akut, 200mg 2 x sehari selama 10 hari
Infeksi kulit dan struktur kulit , 200mg 2 X sehari selama 10 hari.
Ada yang menarik di sini, bahwa kalau untuk infeksi kulit dan struktur jaringan kulit itu adalah 2 x 200mg selama 10 hari tapi dr.Leni meresepkan saya selama 14 hari. Entahlah…kenapa….harusnya kan pemakaian antibiotik itu harus sesuai dengan  dosis nya untuk menghindari terjadinya resistensi pada pasien apalagi mengingat harga Meiact ini kan tergolong sangat mahal. 


Rabu, 14 Mei 2014....

Yup, hari ini adalah kontrol saya yang ke 3 di erha...sebenarnya seharusnya jadwal kontrol saya adalah minggu kemarin tepatnya tanggal 8 Mei 2014 tapi kenapa saya baru kontrol sekarang karena :
Krim malam saya yang AFT dan krim siang AF3 baru saya pakai 3 hari kalau saya kontrol minggu kemarin jadi saya pikir belum terlihat efek nya ke wajah saya mengingat belum ada perubahan significan pada jerawat saya padahal sudah di tembak Meiact yaaa...

Apa yang saya rasa setelah saya 1 minggu dengan pemakaian AFT untuk malam hari dan AF3 di siang hari yaitu:
  1. Kulit wajah saya kering banget sampai terlihat jelas seperti sisik.
  2. Kalau saya basuh wajah saya pada saat wudhu rasanya kulit wajah saya lebih ketarik lagi.
  3. Jerawat nya tidak tumbuh yang baru tapi yang lama jadi ada beberapa yang membatu.

Kesimpulan nya : saya belum puas dengan hasilnya...hehehe

Baiklah kita kembali pada konsultasi saya ke dr.Leni yaa...Setelah giliran saya dipanggil seperti biasa dr.Leni menanyakan perkembangan jerawat pada wajah saya dan saya pun bercerita panjang lebar seperti diatas barusan , dan jawaban dr.Leni adalah:
Karena krim nya di naikan dosis nya jadi efek nya pasti jadi sangat kering ke wajah...oke terjawab sudah berarti yang pertama ya.
Adanya beberapa jerawat yang jadi seperti membatu itu dikarenakan efek lotion (AL) nya yang jadi merangsang membentuk jaringan baru di dalam. Dr.Leni bilang lama-lama pasti akan hilang tapi memang agak lama dan salah satu nya kalau mau cepat yaitu dengan treatment laser dan di erha clinic Tasikmalaya belum ada alat laser nya >,<. Paling ada treatment micropeel tapi hasilnya ga secepat laser.

Oke, saya pikir kayanya saya harus ke Bandung untuk melakukan treatment ini deh, karena kenapa?... kalau dr.Leni bilang si jerawat-jerawat batu ini akan lama hilang nya dengan krim...terus kapan wajah saya kinclong nya dong???? Masa krim nya mau terus pakai yang untuk jerawat...lagi pula dengan biaya nya ujung-ujung nya pasti akan sama aja tapi bedanya kalau laser treatment akan memangkas waktu untuk penyembuhan nya kan...

Hari ini dr.Leni meresepkan :
  • pagi : 
  1. RH2 untuk facial wash
  2. AMG2
  3. AF3 dan AF4 dipakai selang seling hari


  • malam :
  1. RH2 untuk facial wash
  2. AFT
  3. CC5

Karena CC5 saya masih utuh dan AMG2,AF3,AFT,erha2 nya masih banyak jadi saya cuma beli AF4 aja dooong...hehehe



Dan uang yang saya keluarkan pada kontrol ke 3 ini adalah :
  • fee konsultasi   Rp 50.000
  • AF4                  Rp 78.000
Total semuanya Rp 128.000,- uuuhhh...bahagianyaa....

Seperti biasa saya harus kontrol lagi setelah 2 minggu. Oh iya tadi saya tidak mengungkit tentang treatment BHA peeling, bukan apa-apa karena sesuai dengan pengalaman pasti kulit saya akan semakin kering dan ketarik dan juga dr.Leni tidak membahas surat pengantar nya.

Baiklah kita lihat yaa...bagaimana keadaan wajah saya 2 minggu pakai CC5 dan AF4, oh iya AF4 ini isinya sama seperti AF1 tapi kandungan nya ditambah dengan sunblock spf30.

Update perawatan di erha Clinic Tasikmalaya :

Saat ini saya masih pakai krim dari erha Clinik tapi saya sekarang kontrol kembali ke Bandung ke erha Clinic Cimanuk kembali ke dr.Dian,SpKK. Hasinya saya sangat puas karena keluhan saya pada dr.Dian benar-benar cepat tertangani. Krim yang sekarang saya pakai :
  • Pagi : erha 2 + AMG 2 + AF2
  • Malam : erha 2 + CC10  
Kesimpulan saya Perawatan di erha Tasikmalaya :
  1. Penyembuhan nya lama, mungkin dikarenakan dokter praktek di erha Tasikmalaya adalah dokter umum.
  2. Keluhan nya cukup di dengar  tapi dokter nya kurang solutif.

36 komentar:

  1. Mbak, clindamycin it antibiotik, hati2 it hrs k dr dulu, biasanya digunakan 3-7 hari sja,,, :))

    BalasHapus
  2. Hai Mba Anni, salam kenal...
    aku juga ini lagi jerawatan parah niihh, sedih banger hampir sama kondisinya sama yang foto mba.
    sekarang tuh, agi berobat sama dokter dibandung klinik sakura derma, dokter SPKK Sri Yanti (dokter erha di IP juga)
    Cuman nya udah 6 minggu, belum ada efek positif yang aku rasain, udah peeling dan facial, jerawat batu malah tumbuh, sedih banget rasanya, udah minum anti biotik juga selama 10 hari. jerawat tetap tumbuh.
    mba udah berapa lama di erha? dokter dian memang recomended ya? jerawat hilang berapa lama? jadi merah engga? total penyembuhannya perlu berapa lama ya?
    aku dulu pernah sama dokter savitri tapi ke tempat prakteknya di Apotik damai, Jerawat hilang tapi bekas, bopeng dan merahnya udah 6 bulan ga hilang2....
    Dokter dian bagus ya mba? tolong reply donkkk butuh advise banget

    BalasHapus
  3. mndingan dklinik yg sy kunjungi, hrg ekonomis hasilpun sdh tampak ... pelayanan pun sgt baik, jrwt say sdh tdk tumbuh lg

    BalasHapus
  4. Haiii, mba ri,,,,
    Klinik apa ya mba? engga ke Erha lagi ya ?
    saya tinggal di bandung mba, agak desperado sama pengobatan yang sekarang ini....
    terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  5. Hi sista,, seru deh baca blog kamu, jd isi, soalnya saya di pangkalpinang ga ad klinik erha nya...

    BalasHapus
  6. Untung aku ndak jerawatan :-)

    BalasHapus
  7. Mau nanya dong mba, setelah pake cc10 sampe skrg ada perubahan di kulit ngga? Kebetulan aku juga make cc10+erha6 dan kok malah jadi hitam ya mukaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dkonsultasikn lgi sma dokternya..
      Krena prosesnya berbeda2 trhdap stiap org..
      Klo saya baru pke cc10 az utk mlamnya slma sebulan stengah ini sdah trlihat lbih cerah..

      Hapus
  8. mbak..aku dah baca berbagai review yg perawatan di erha...tapi baru ini yg kulihat masalah jerawatan tapi gak dikasih Fasial wash acne with BP..tapi kok malah erha 2..padahal acne bp ni menurutku ampuh banget sebagai dasar perawatan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya gx smua yg brjerawat dkasih sabun bp.. tpi bisa dtnyakn juga k dokter knpa gx dgnti sbun bp..
      Biasanya nnti jga dganti sbunnya..

      Hapus
  9. Hai smua, sya juga ud 1 thun nih di erha bsd, jerawat ilang tapi saat ini masalah kulit sya malah jadi keriing smpe kaya bersisik, dan pada ngelupas. Sya konsul ke dr. Anjar dikasih utk pagi Erha 1, Essential moisturizer, amg 2, pso. Dan malam erha 1, amg2, cc10, erha 6. Tpi ud seminggu pake kulit malah jadi memerah kaya kusam bgt sampe ga pede kalau lagi kerja dan tetap kering bgttty :(. Help

    BalasHapus
  10. Info donk natasha bgs ga ya.. pgn ilangin scar bks jerawat.. udh k erha ga ad peruvahan..

    BalasHapus
  11. Info donk natasha bgs ga ya.. pgn ilangin scar bks jerawat.. udh k erha ga ad peruvahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi sist nia..aku dulu pernah k natasha, masalahku dlu jerawat..awalnya bkin kulit kusam,tp ksnanya bagus jerawat ku berkurang..trus muka bercahaya..tp makin ksni krim ganti2 malah jd muncul garis2 merah dmuka n muka jd gampang merah kaya udang rebus, klo mslah jrwat nya bagus jd ilang..cuma makin ganti krim muka ku merah gtu..mkanya ak stop trus pindah klinik.

      Hapus
  12. Saya baru 6 bln dan sudah 3x konsul di erha.. keluhan saya jg jerawat.. tp smpe skrg blm ilang dan masih muncul.. bahkan klo lg menstruasi suka meradang dan jerawat batu.. tiap ktmu tmn mesti yg di sapa tuh jerawat..kan ga lucu.. udah capek bgt ngurus ni jerawat dan masih berharaf erha bsa ngatasin masalah muka ku..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba klo untuk konsul ke2 sama ke3 krim nya sama gk ya?

      Hapus
  13. Hi kak sinta.. untuk awal konsulnya total harganya mahal juga ya. Terus kalau mau konsul wajah tapi wajahku tidak ada jerawat hanya ingin mencerahkan saja. Apa aka semahal totalannya kak sinta? Mohon di jawab ya kak :)

    BalasHapus
  14. saya baru nyoba perawatan di erha makassar.. keluhan sy flek hitam.. setelah melakukan pelling office.. muka saya agak cerah.. cream yg dikasih segambreng.. semoga akan cocok nkulit sy akan lebih baik

    BalasHapus
  15. Sy gak ada masalah sm wajah cuma kering sih dan ingin merawat di erha clinic , nah kalau misal nantinya stop krim berbahaya gak ya ? Tling share pengalaman kalian ya , thanks :)

    BalasHapus
  16. Saya jg dulu sempat perawatan di erha makassar mbak, alhamdulillah muka cerah, jerawat kabur, muka glowing plus komedo pada kabur, tapi pas lagi ada kegiatan di kabupaten sy kehabisan stock cream, selama kurang lebih 2 minggu stop pake erha muka sy breakout, jerawat berisi di mana-mana terutama di jidat, full. Rasanya frustasi, sampe nangis2, gimana ga, perawatan hampir setahun, dgn biaya yg sangat sangat tdk sedikit rusak hanya dlam waktu kurang lebih 14 hari. Intinya, bagus kalau di pakai terus-menerus, kalau stop malah bikin muka lebih rusak dari awal :(

    BalasHapus
  17. Sama lah saya jga di erha jambi. Gk tau nih. Awalnya jerawat cuma 1.2 laah .. abs berobat di kasih resep acs bp amg 3 af1, sama malam al2 n act nya malah muka penuh jerawat kecil2 kayak komedo. Hancur leburrr.... ditambah pake anc pula. Ah kacau laa. Akhirnya di ganti sabun erha 2 dan trnyata lumayan gk numbuh lg pasir muka nya. Tapi.. muka jd itam kayak gosong2 dibagian trtentu. Apakarena efek aha dan fotosensitivitas nya ya --"

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Hai mba saya mau menghilangkan bekas jerawat
    Gak terlalu banyak sih, tapi gak sedikit pula
    Saya dah coba ke klinik R*** tapi gak ada perubahan
    Saya mau coba dong ke Klinik Erha Tasikmalaya
    Saya mau coba acne Pelling di Erha
    Kira-kira berapa yah harga nya ?

    BalasHapus
  20. Mbak..klu boleh tau,alamat klinik erha yang di cimanuk bandung sebelah mana??mohon bantuan untuk rute dari tasik ke clinic erha kalo naik umum..makasi banyak sebelumnya ya,mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba mina sebaiknya naik travel primajasa aja dari tasik langsung dianterin ke erha cimanuk

      Hapus
  21. assalamualaikum teh , saya mau tanya, teteh masih berobat di klinik erha ??

    BalasHapus
  22. Saya mau nanya,saya baru mencoba erha nih,trus muka saya kenapa terasa kering bgt ya, terkelupas, & merah2..apakah ini efek dari penyembuhannya atau krn kulit saya yg sensitif?btw tgl 15 des ini saya disuruh datang lgi utk check up,apakah saya harus bayar dokternya lagi?secara biaya dokternya mahal boo,200 rb...mohon penjelasannya ya..terima kasih

    BalasHapus
  23. Saya jug baru prawatan di era... sama cc10 dan erha 6 mlm nya
    ... alhmdulillah udah cerahan muka nya baru 2 minggu.. tp bekas jerawat nya masih ada

    BalasHapus
  24. Saya jug baru prawatan di era... sama cc10 dan erha 6 mlm nya
    ... alhmdulillah udah cerahan muka nya baru 2 minggu.. tp bekas jerawat nya masih ada

    BalasHapus
  25. Saya br perawatan di erha batam, dokter menyuruh untuk melakukan tindakan peeling dua minggu lagi..boleh ga si kita skip? Krn dr awal hny pgn nyoba creamnya doank

    BalasHapus
  26. Salam kenal mba :)
    Pengalaman mba sama dengan pengalaman teman saya, setelah melakukan treatment dan memakai krim di erha tsm jerawtnya malah makin banyak, dan cenderung berkeriput.
    Mungkin tidak cocok, jadi sekarang dia berhenti , gak kesana lagi. Sayang juga sebenernya, krimnya masih pada banyak, harganya juga lumayan mahal untuk kelas mahasiswa mah hehe

    BalasHapus
  27. Asslmlkm mbak.sy jg perawatan d erha tasikmalaya.Keluhan sy ada beberapa flek sm kulit tdk rata.Tp kulitnya jd bagus hanya stlh peeling.sebulan ga peeling kulit muka kembali spt semula dan dokter udah ganti2 resep beberapa kali.apakah benar kt mbak kl mngkn ini krn dr yg menanganinya bkn spkk?skrng mbak msh ke erha bdg atau d tasik kl konsulnya?

    BalasHapus
  28. Asslmlkm mbak.sy jg perawatan d erha tasikmalaya.Keluhan sy ada beberapa flek sm kulit tdk rata.Tp kulitnya jd bagus hanya stlh peeling.sebulan ga peeling kulit muka kembali spt semula dan dokter udah ganti2 resep beberapa kali.apakah benar kt mbak kl mngkn ini krn dr yg menanganinya bkn spkk?skrng mbak msh ke erha bdg atau d tasik kl konsulnya?

    BalasHapus
  29. Hallo Mbaa, kasusnya sama nih kaya punyaku.. dulu saya waktu kuliah juga perawatan di erha Yogyakarta dan setelah lulus, saya putuskan ke erha Jember.. di erha Jember sana juga kyk gt, ruangannya kecil dokternya juga cuma 2 itu aja juga dokter umum.. berbeda pas waktu di erha Jogja.. mukaku cuma 2 Minggu udah keliatan pulih, sehat, dan terbebas dari jerawat.. ini yang di erha Jember, belum nampak sama sekali perubahannya..

    BalasHapus