Resep Lontong Daging Presto



Saya udah bikin lontong ini beberapa kali dan alhamdulillah hasilnya selalu enak…padeut tapi bukan keras yaaa…dan yang paling saya puas adalah tahan sampe 2 hari tanpa harus disimpan di lemari es. Dulu saya bikin nya di kukus tapi ternyata hasilnya jauh banget sama direbus pake panci presto ini. Kalo di kukus lontong isi ini hasilnya leumbek trus ga tahan lama alias harus habis hari itu juga. Tapi setelah cara masak nya saya pake panci presto saya malah ketagihan untuk bikin terus…hehehe…

Hayuuu ibu-ibu kita tengok resep nya… >,<

  
Di photo hasil lontong nya ga seragam yaa…itu karena saya bentuk sesuai ukuran daun pisang nya karena sayang daun pisang nya kalo di buang2 jadi kalo yang daun pisang nya lebar saya perbanyak bahan lontong nya kalo yang daun nya kecil saya kurangi bahan nya…ga apa-apa ya toh untuk santapan keluarga ini tapi kalo untuk jualan sih sebaiknya dibuat seragam aja alias sama rata ukuran nya.

Bahan :

  • Beras                       250gr  , cuci bersih
  • Santan                     600mL ,dari 250gr kelapa parut
  • Garam                     1 sdm
  • Daun salam            2 lembar
  • Daun pisang secukupnya untuk membungkus


Bahan untuk isi lontong :

  • Daging cincang       100gr (bisa juga pake daging ayam)
  • Wortel                      2 buah , potong lembut kecil memanjang kemudian seduh pake air panas
  • Buncis                       5 buah , potong tipis miring
  • Bawang daun          1 gagang , potong lembut


Haluskan bumbu : 

  • Bawang putih      5 butir
  • Bawang merah    5 butir
  • Cabe rawit  sesuai selera
  • Pala                        ¼ sdt
  • Kecap manis         2 sdm
  • Garam, Merica, Penyedap rasa secukupnya.


Cara membuat :

1. Masak beras ,santan, garam dan daun salam diatas api sedang sambil di aduk hingga air menyusut dan matang alias beras sudah menjadi nasi aron. Angkat dan sisihkan.
2. Tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukan daging cincang, wortel, buncis dan daun bawang…aduk hingga matang.


3. Ambil daun pisang yang sudah kita siangi kemudian ambil 2 sendok makan nasi aron tambahkan 1 sdm tumisan daging kemudian tutup diatasnya dengan 1 sdm nasi aron…bentuk dan bungkus jangan lupa di semat lidi setiap ujung nya yaaa…
4. Lakukan terus sampai bahan semua habis.
5. Tata di dalam panci presto untuk di rebus dengan air yang sudah dipanaskan yaa supaya suhu nya terjaga.

6. Masak di atas api sedang selama  45 menit. 
7. Angkat dan sajikan setelah hangat. 







.....bee anni.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar