Resep Nasi Kuning Komplit


Kadang-kadang saya buat nasi kuning ini untuk sarapan keluarga, syukuran kecil yang di rayakan untuk orang serumah aja misalnya pas khatam Qur’an atau pas suami dan Gerald (anak saya) ultah. Nasi kuning ini sebener nya sederhana aja sih dan saya buat juga ga pernah banyak paling untuk 6-7 porsi.  Pelengkapnya pun ga banyak macem nya biasanya saya bikin :


1. Nasi Kuning
2. Soun bumbu merah
3. Perkedel  kentang
4. Telur dadar di potong tipis rawis
5. Bawang goreng atau abon
6. Mentimun potong 
7. Kerupuk udang

Bingung mau mulai share resep yang mana dulu yaa…semua nya saya buat dengan sederhana yaa…alias ga ribeut karena saya ga suka yang ribet-ribet…hehehe, ya udah deh mending kita mulai aja yuuu 

1. Resep Nasi Kuning

Bahan :  

  • Beras                  250gr , cuci bersih
  • Santan                saya pake santan Kara 1 bungkus aja
  • Air                       di lebihin 1 ruas jari diatas permukaan beras
  • Kunyit bubuk      1 sdm
  • Garam                1 sdm
  • Daun salam        2 lembar

Cara membuat :

  1. Campurkan beras,kunyit bubuk , santan kara, garam dan daun salam aduk dan biarkan 15 menit.
  2. Masukan air dan masak di atas api sedang sampai matang atau air menyusut sambil di aduk hingga beras menjadi aron. Angkat
  3. Siapkan dandang untuk mengukus dan  kukus nasi kuning aron selama 30 menit. Angkat dan sisihkan.



2.Resep Soun Bumbu Merah


Bahan :  

  • Soun Kaca            1 bungkus, rebus sampai matang dengan air 200mL 
  • Minyak goreng untuk menumis

Haluskan bumbu : 

  • Cabe merah              4 buah
  • Bawang merah          5 butir
  • Bawang putih            2 butir
  • Gula putih                 1 sdt
  • Garamg, Merica, Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu halus sampai harum kemudian masukan soun yang sudah di rebus aduk rata dan sampai matang. 
  2. Angkat dan sisihkan.


3.Resep  Perkedel  Kentang




Bahan :  

  • Kentang                  500gr , kupas potong-potong dan goreng setengah matang
  • Daging cincang     100gr (bisa di ganti ayam giling atau corned)
  • Daun bawang        1 batang, iris tipis
  • Kuning telur           2 butir
  • Putih telur              2 butir , untuk pencelup sebelum perkedel di goreng
  • Garam, Merica, penyedap rasa secukupnya.
  • Minyak untuk menggoreng

Haluskan bumbu : 

  • Bawang merah    3 butir
  • Bawang putih      3 butir
  • Pala bubuk            ½ sdt


Cara membuat :

  1. Haluskan kentang yang sudah di goreng, sisihkan.
  2. Campurkan ke dalam mangkuk daging cincang, bumbu halus, bumbu halus , kuning telur, daun bawang, garam, merica dan penyedap rasa. Aduk rata.
  3. Masukan kentang halus sedikit-sedikit ke dalam campuran daging cincang sambil di aduk hingga rata sehingga menjadi adonan perkedel.
  4. Ambil adonan 1 sendok makan kemudian bentuk adonan bulat pipih.
  5. Celupkan adonan yang sudah di bentuk ke dalam kocokan putih telur kemudian goreng sampai matang.




4.Resep Telur dadar  tidak akan saya posting karena bikin nya sangat mudah yaa…dan untuk 1 resep nasi kuning ini saya bikin telur dadar 3 butir telur.

5.Bawang goreng atau abon juga saya beli yang udah jadi aja.

6.Mentimun saya potong-potong pake pisau gobed biar bagus aja bentuk nya

7.Kerupuk udang nya saya beli mentah aja 1 bungkus terus di goreng sendiri. Biasa nya saya udah goreng kerupuk nya dari sehari sebelum nya biar nyantai aja.

Oh iya kalo ada yang bertanya-tanya apakah nasi kuning komplit ini pake sambel atau ga jawabnya kalo saya ga pake sambel lagi karena soun bumbu merah nya udah lumayan pedes dan lagi kalo memang ingin lebih pedes lagi soun nya bisa di tambahin ‘cengek domba’ ke dalam bumbu halus soun merah nya kok.

Oke segitu aja resep nasi kuning sederhana tapi komplit ala saya, semoga bermanfaat .



.....bee anni.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar