Tempe Baceum Gurih

Tempe Baceum…makanan yang murah namun enak dan bergizi. Sesekali kita olah tempe jadi Baceum tidak ada salah nya supaya ga bosen … ngga ditumis terus …atau ngga di goreng terus.  Lebih variatif dan kreatif judulnya mah…tapi tetep aja TEMPE yaaa…

Tempe Baceum…jarang bikin sih sebenarnya…saya suka kalau tempe itu di masak dalam sayur lodeh…karena memang keluarga kecil saya tidak terlalu suka makanan yang manis… tapi karena kebetulan hari ini saya lagi pengen banget makan sama tempe baceum ya sudah…sekalian saya posting saja resep nya…


Baiklah…kita mulai aja yuuu masak nya… inilah Tempe Baceum ala ibu Robby….

Bahan :
  • 2 papan     Tempe, di potong  setebal  1,5cm
  • 250 mL     Air Kelapa
  • 2 sdm        Gula merah serut
  • 2 lembar    Daun salam
  • 1 sdm        Kecap manis
  • ¼ sdt         Garam
Haluskan bumbu :
  • 5 butir      Bawang merah
  • 4 butir      Bawang putih
  • 1 sdt         Asem
  • 1 sdt         Ketumbar
  • 1 sdt         Lengkuas bubuk

Cara membuat :
  1. Ungkep semua bahan berserta bumbu halus, masak sampai bumbu meresap dan air kepala nya menyusut.
  2. Angkat, sisihkan
  3. Goreng sebelum di hidang kan
Demikian resep Tempe Baceum ala saya…rasa nya gurih karena saya pakai air kelapa tapi warna nya kurang hitam yaa mungkin karena gula merah nya saya kurangi tapi rasanya buat saya cukup manis. Jadi kalau anda suka yang lebih manis silahkan tambahkan gula merah dan kecap nya.





.....bee anni.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar