Membuat MIE sendiri yuuuk...

Membuat MIE sendiri ??? seriuusss ??? emang bisa ??? emang gampang ??? ngapain repot-repot…mending beli aja…. Itu lah yang terbersit di otak saya dulu…ngga kepikiran untuk membuat MIE sendiri di rumah …hehehe…tapi itu dulu…kalo sekarang ? kepuasan tersendiri untuk saya apabila menyajikan MIE untuk saya dan keluarga makan dari hasil  buatan tangan saya sendiri… lebih sehat dibanding kalau kita membeli yang udah jadi…terus juga lebih hemat yang pasti.



Semua berawal dari ngobrol sama bu Linda sambil nungguin anak-anak kita berenang, dia cerita kalo dia ngga pernah ada yang namanya MIE kemasan di rumah nya, selain ngga baik kalo mengkonsumsi nya terlalu banyak juga karena dia selalu membuat sendiri MIE di rumah nya. Saya jadi tertarik untuk minta cara-cara nya…ternyata mudah dan sederhana juga apalagi kalo kita punya gilingan MIE di rumah itu loh gilingan yang suka di pakai bikin cistik.


Akhirnya saya beli juga tuh gilingan MIE…hehehe…demi memberi makanan sehat untuk keluarga kecil tercinta…. Harganya ngga mahal juga, saya beli yang merk “WESTON ATLAS” itu harga nya ngga sampai 300 ribu, dan katanya sih dari beberapa merk lainnya pun harganya rata-rata sama di kisaran segitu.


Baiklah… kita mulai aja yaa gimana cara bikin MIE sendiri ini…apa bahan nya… oh iya saya baru 2x bikin MIE ini dan ngga pernah gagal alias MIE nya terpisah saat di potong dan ngga cepat lembek juga setelah saya merebusnya ….


Daannn inilah….




Bahan :
  • 250 gr Terigu

  • 1 butir Telur ayam

  • 1 sdm Minyak goreng

  • 50 mL Air

  • 1 sdt Garam

  • Terigu secukupnya untuk taburan




Cara membuat :

  • Aduk terigu dan garam hingga rata.
  • Masukan telur ayam + minyak goreng + air , uleni sampai kalis.
  • Tutup adonan dengan serbet , diamkan 30 menit.
  • Bagi adonan menjadi 4 bagian  
  • Giling tiap adonan di lubang no.1 kemudian tekuk bagian atas bawahnya supaya bertemu di tengah.
  • Giling kembali di lubang no.2 , beberapa kali sampai adonan lembut dan rata dan pipih.
  • Giling kembali adonan berturut-turut dari lubang no.3, no.4 dan terakhir no.5.
  • Letakan adonan pipih tadi di atas serbet dan taburi terigu supaya tidak lengket, diamkan 30 menit .Sambil menunggu kita kerjakan adonan sisa nya yaaa…
  • Potong adonan pipih dengan gilingan pemotong MIE dan taburi lagi dengan terigu supaya MIE bisa terpisah dengan sempurna alias tidak nempel satu sama lain.



* Jika akan langsung di gunakan silahkan rebus selama 2 menit saja supaya MIE masih kenyal.


* Jika akan di simpan di lemari es, silahkan gulung dulu dan MIE bisa tahan selama 2 hari.


Mudahkan ??? hasilnya bagus dan enak yang pasti lebih sehat dibandingkan dengan kalau kita membeli yang udah jadi. Biasanya saya bikin MIE untuk yamin manis atau yamin asin … dan selanjutnya saya akan posting resep membuat MIE baso sendiri yaaa… maaf kalau postingan nya ngga di satukan yaaa….



….bee anni….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar